Waspada! 5 Cara Belajar Yang Salah Berikut Ini

2759

Cara Belajar Yang Salah Bagi Seorang Pelajar

Cara belajar yang Salah
Cara belajar yang salah merupakan awal dari sia – sianya waktu yang dihabiskan untuk menuntup ilmu bagi seorang pelajar. Orang yang bisa sukses dalam emnuntut ilmu atau sukses dalam melakukan belajar dimanapun berada adalah mereka yang bisa menerapkan cara belajar yang benar.

Cara belajar yang salah berikut ini sebaik kamu hindari agar ilmu yang kamu pelajari bisa masuk dan menambah pengetahuan kamu lebih lengket di otak sehingga jadilah kamu pelajar yang cerdas serta bermanfaat bagi banyak orang, berikut beberapa pola belajar yang salah perlu untuk di kenali dan di hilangkan dari kebiasaan kamu :

Cara belajar
#1. Belajar Sampai Begadang Larut Malam
Belajar sampai larut mala mini biasanya di istilahkan dengan “ SKS” system kebut semalam, tentunya kamu sering sekali menjalani hal ini apalagi menjelang ujian. Cara belajar seperti ini perlu kamu ketahui merupakan system belajar yang salah, karena kamu akan kelehan otak dan tubuh pada akhirnya saat ujian tiba kamu malah nggk bisa apa – apa, lupa karena otak kecapean dan tubuh kelemahan.

#2. Menggarisbawahi kalimat yang dianggap penting
Tahukah kamu bahwa cara belajar dengan menggaris bawahi kalimat penting juga termasuk tidk efektif, karena kamu hanya menghabiskan waktu untuk menemukan kalimat penting untuk digaris bawahi pada akhirnya tidak ada waktu untuk meringkasnya, toh kalaupun cukup berniat menggaris bawahi kamu juga akan kehilangan banyak waktu untuk membuka lembaran buku agar bisa menemukan yang sudah kamu garis bawahi.

#3. Mencatat segala hal yang disampaikan
Ketika belajar mencatat itu memang penting, namun demikian bukan berarti kamu harus mencatat semua materi yang disampaikan, kalau ilmu umum kamu cukup mencatat yang penting – penting saja. Berbeda dengan ilmu agama, akan lebih baik jika kamu ketahui semua karena ilmu agama tidaka ka nada perubahan.

#4. Belajar dengan cara Menghapalkan Semua Materi
Ini juga sering disalah apahami, ini bukan hal menghapal Al –Qur’an atau Hadist ya, dalam pelajaran umum menghapal memang bagus jika kamu memiliki kekuatan hapalan yang benar – benar hebat, tapi ini tidak akan lebih baik karena biasanya bagi pelajar menghapal hanya sebagai kebutuhan ujian saja. Maka yang terbaik adalah kamu MEMAHAMI isi materi tersebut. Kalau kamu paham apa yang di pelajari maka kamu akan lebih mudah untuk mengerjakan soal ujian. Selain itu juga akan memudahkan kamu dalam mengingat materi katimbang menghapal tapi tidak paham.

#5. Belajar Hanya Waktu di Sekolah
Ini kebiasaan yang mulai menjamur, entah apa sebabnya, sehingga pelajar kebanyakan hanya belajar ketika waktu disekolah saja, kamu perlu tahu bahwa waktu disekolah hanya sedikit sekali ketimbang kamu dirumah, paling Cuma 2 jam itupun kalau masuk full, selebihnya kamu habiskan untuk di luar sekolah. Kalau belajarnya Cuma di jam sekolah mau dapat ilmu apa?…

Itulah 5 cara belajar yang salah sebaiknya jangan sampai kamu pelihara kebiasaan belajar seperti itu, karena sama sekali tidak membawa manfaat bagi masa depan kamu kelak. Belajarlah terus menerus sampai waktunya sudah tidak lagi perlu belajar.

Baca : Tips Menjadi Pelajar Yang Sukses