Bahaya Tidur Dekat Handphone

Bahaya Tidur Dekat Handphone
Bahaya Tidur Dekat Handphone – Source Image : Google Image

Tahukah anda apa saja bahaya tidur dekat handphone ? Di jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini handphone sudah menjadi candu bagi manusia. Dimanapun seseorang berada pasti selalu ada handphone yang mendampingi. Saat makan, jalan, sekolah, bahkan tidur handphone setia digenggaman.

Waspadalah dan sadari bahaya tidur dekat handphone yang bisa membuat anda dalam bahaya. Efek yang ditimbulkan tidak langsung akan anda rasakan tapi akan terasa secara bertahap tanpa and sadari. Jadi usahkan pada saat tidur jauhkan handphone dari anda untuk mencegah dan menghindari bahaya yang bisa timbul nantinya.

Mau tahu bahaya yang bisa terjadi pada anda saat tidur dekat dengan handphone ? Berikut ini bahaya – bahaya yang akan terjadi saat anda tidur dekat dengan handphone :

1. Resiko terbakar
Resiko terjadinya handphone terbakar atau meledak bisa terjadi kapan saja. Apalagi saat anda sedang tertidur handphone dalam keadaan di cas. Selain itu pemilihan aksesoris handphone yang tidak sesuai standart juga bisa memperbesar peluang terjadinya handphone terbakar. Maka saat tidur lebih baik jauhkan handphone dan simpan di tempat yang aman serta tidak berbahaya bagi tidur anda.

2. Mengganggu pola tidur
Gadget, tablet, handphone dan peralatan canggih lainnya terutama yang menggunakan layar LED akan mengeluarkan cahaya berwarna biru. Cahaya ini apabila dibiarkan berada didekat anda saat sedang tertidur dapat menyebabkan terhambatnya produksi hormon yang dibutuhkan tubuh agar bisa mengantuk. Dampak lanjut yang bisa timbul akibat tidur dekat dengan handphone adalah terganggunya jam biologis tidur anda.

3. Bahaya radiasi sinar elektromagnetik
Memang belum ada riset pasti yang mengatakan bahwa radiasi sinar elektromagnetik yang dipancarkan oleh handphone dapat menyebakna kanker dan penyakit. Tetapi secara umum handphone mengeluarkan sinar elektromagnetik yang berdosis rendah namun jumlah yang dikeluarkan sama besar dengan microwave dan alat rotgen.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau lebih dikenal WHO radiasi yang dipancarkan oleh handphone bersifat karsinogen terhadap manusia, terutama pada anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk anda yang memiliki anak kecil untuk menjauhkan handphone dan gadget dari jangkauan mereka.

Demikianlah beberapa bahaya tidur dekat handphone yang selalu mengintai anda kapan saja. Meski anda beralasan tidak bisa jauh – jauh dari handphone, saat tidur sangat disarankan untuk menjauhkan handphone dari dekat anda agar terhindar dari bahaya yang bisa ditimbulkan dan mengganggu tidur ideal dan sehat anda.

Baca Juga :

6 Tips mencegah Kanker Payudara !