Wawan Geni, Seniman Unik Melukis Menggunakan Obat Nyamuk Bakar dan Rokok

1939

Wawan Geni , Satu – Satunya di dunia Pelukis Yang Menggunakan Obat Nyamuk Bakar dan Bara Rokok

Wawan Geni Pelukis
Wawan Geni, Seniman Unik Melukis Menggunakan Obat Nyamuk Bakar dan Rokok

Wawan Geni atau yang bernama asli Untung Yuli Prasetyawan ( 33 ) adalah seniman lukis Warga asal Mungkid, Kabupaten Mmagelang, Jawa Tengah. Pelukis muda satu ini benar – benar memiliki metode dan tekhnik unik tersendiri yang akan membuat siapapun yang melihat cara dia melukis secara langsung terkagum – kagum, apalagi setelah melihat hasil karya lukisan yang ia ciptakan sungguh sangat luar biasa.

Melukis dengan menggunakan alat lukis seperti pensil, crayon, cat minyak atau cat air sudah sangat biasa terdengar dan terlihat oleh kita semua. Namun bagaimana bila menggunakan obat nyamuk bakar dan rokok?

Wawan geni, seniman unik dan luar biasa ini berhasil membuat terobosan baru dan satu – satunya yang ada di dunia yang memiliki tekhnik melukis yang tidak biasa dan sangatlah kreatif, Bagaimana tidak disebut kreatif kalau dirinya berhasil mengubah fungsi obat nyamuk bakar dan rokok? Saat kami bertemu langsung dengan pelukis wawan geni ini, dia bercerita awal mulanya ia terinspirasi melukis dengan menggunakan obat nyamuk bakar dan rokok saat dirinya iseng – iseng membakar kertas dengan bara obat nyamuk dan rokok, dari kejadian tersebut ia berfikiran kenapa tidak ia ekspresikan langsung untuk membuat sebuah karya sesungguhnya pada canvas lukisan yang memang sudah sejak 2003 ia geluti tersebut, ternyata inspirasinya tersebut tidak sia – sia dan bahkan sangat menakjubkan sehingga setiapkali karyanya selesai selalu tidak lama bertahan karena langsung dibeli oelh para pecinta lukisan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menyelesaikan sebuah lukisan Mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan di Kampus ISI Yogyakarta tersebut membutuhkan waktu lama, rata-rata tiga bulan untuk setiap karyanya. Paling cepat sebulan, itu kalau ukuran kertas lukisannya kecil. Tapi kalau ukurannya besar bisa selesai sampai setengah tahun.

Menyelesaikan Sebuah lukisan bisa menghabiskan Jumlah rokok 17 bungkus dan 19 bungkus obat nyamuk bakar itupun menyelesaikan. Dan dalam meniup bara api rokok dan obat nyamuk, sebuah lukisan bisa membutuhkan ribuan kali tiupan.

Cara meniup dan menyundutkan bara api di kertas ini juga memerlukan teknik khusus supaya asap obat nyamuk atau asap rokok tidak banyak yang terhirup pernapasan.

Dia hanya memperhatikan arah datangnya angin, kalau angin datang dari arah kanan dia meniup dari arah kanan, demikian sebaliknya. Lukisan yang sudah selesai, kertas lukisan disemprot cat warna bening (clear), agar kertas lebih awet fan tidak berjamur.

Keunikan cara melukis dengan teknik bakar ini telah diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). “Mungkin melukis dengan teknik bakar ini yang pertama di dunia,” kata pimpinan Muri, Jaya Suprana.

Dan tak tanggung-tanggung lukisan hasil karyanya pun sudah terjual ke mancanegara seperti Singapura. Banyak juga wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk melihat lukisannya. Salah satu Wisatawan dari Jepang mengatakan bahwa ia belum pernah menemui teknik melukis seperti ini.

Wawan juga mengatakan kalau hasil karyanya sudah banyak diliput leh media asing seperti AKA TV dari Jepang dan negara luar lainnya. Sementara untuk harga lukisan dari obat nyamuk bakar dan rokok karyanya berhasil terjual dengan harga paling rendah USD $1.000 perlukisan. Selama melukis menggunakan tekhnik bakar tersebut sampai saat kami temui ia sudah berhasil membuat 70 lebih lukisan yang semuanya sudah terjual dengan cepat ke luar negeri.

Beberapa Hasil Lukisan Wawan Geni :

Lukisan Wawan Geni Karya Lukis Wawan Geni Hasil Lukisan Wawan Geni

Wartawan Profesional Lukisan Wawan Geni Pelukis Wawan Geni

Demikian sekilas info tentang pelukis popular Untung Yuli Prasetyawan atau yang akrab dipanggil dengan Wawan Geni ini, semoga bisa menjadi nilai tersendiri bagi negara kita tercinta ini dari buah karya luar biasa Anak bangsa.

Artikel Lainnya :

5 Cara Berhenti Merokok